Sabtu, 26 November 2011

KEUNGGULAN VOCAL ANAK-ANAK JAMBI


KEUNGGULAN VOCAL ANAK-ANAK JAMBI
Oleh: Pramudya Kusuma Wardhana

Seni budaya adalah sarana pertahanan kedua setelah TNI dan POLRI. Seni budaya juga martabat suatu bangsa, semakin tinggi nilai seni budaya suatu bangsa, maka semakin tinggi pula martabat bangsa tersebut di mata dunia. Provinsi Jambi memiliki banyak seni budaya yang beraneka ragam salah satunya adalah budaya tradisional, dengan budaya Melayu yang sangat kental dengan nuansa Islami. Khususnya pada seni musik tradisional, masyarakat Jambi sudah biasa memainkan alat musik atau menyanyikan sebuah lagu dengan melodi yang bernada mayor, minor, pentatonis, yang melankolis. Hal ini, yang menjadi ciri khas musik tradisi Melayu yang sangat unik. Dengan kebiasaan tersebut tentu saja masyarakat Jambi sudah biasa melewati tingkat kesulitan sebuah lagu yang cukup tinggi, sehingga masyarakat Jambi tidak mengalami kesulitan, jika dihadapkan dengan lagu-lagu yang berirama klasik, seriosa sampai dengan lagu-lagu pop modern.
Lebih-lebih dalam partirtur musik tradisional banyak kita jumpai lagu-lagu yang berambitus tinggi sekali sampai beberapa oktaf. Maka dapat kami simpulkan bahwa anak-anak Jambi sudah terbiasa menyanyi dengan ambitus yang sangat tinggi, nada-nada kromatis (nada-nada miring). Hal inilah yang bisa kami simpulkan bahwa anak-anak Jambi mempunyai keunggulan dalam seni olah vocal dibanding dengan daerah lain. Tapi sayang,  kondisi sekarang anak-anak di negeri kita sudah banyak yang melupakan lagu-lagu tradisional. Hal ini bisa kita jumpai, bahwa anak-anak Indonesia banyak yang tidak bisa menyanyikan lagu daerahnya sendiri. Ini merupakan tanggung jawab bersama, semua pihak yang terkait dengan masalah seni olah vocal.
Dengan latar belakang tersebut, maka Lembaga Pengembangan Profesionalisme Vocal (LPPV) yang diasuh oleh Kak Pram, siap berpartisipasi untuk membangkitkan kembali atau mengairahkan kembali melalui proses belajar mengajar. Karena pada setiap proses belajar mengajar, dipelajari juga lagu-lagu daerah nusantara. Eksistensi LPPV Provinsi Jambi sengaja kami bangun untuk memberi wadah inspirasi, dan apresiasi anak-anak dibidang seni olah vocal agar lebih mengenal lagu-lagu daerah nusantara, bisa menyanyi dengan baik dan benar serta bisa berprestasi baik ditingkat regional, nasional, maupun internasional.

*Kamus “mastervocaljambi” pada tulisan ini:
1.Partirtur  adalah sebuah tulisan yang berisikan sebuah lagu lengkap dengan tanda-tanda musiknya.
2.Tangga nada mayor ialah tangga nada yang mempunyai jarak  1-1-1/2 -1-1-1-1/2
3.Tangga nada minor adalah tangga nada yang mempunyai jarak  1-1/2-1-1-1/2-1-1
4.Tanda kromatis adalah tanda yang menyatakan perubahan naik ½ (setengah), turun ½ (setengah) nada dan pugar.
5. Oktaf adalah tangga nada yang terdiri dari nada ke- 1 = do sampai ke- 7 = si dan ditutup nada ke-8 atau kembali ke nada 1 = do lagi. contoh: 1 2 3 4 5 6 7 1 atau C D E F G A B C disebut 1 (satu) oktaf.
 6.  Ambitus adalah jangkauan wilayah nada seseorang dalam menyanyi, dari nada yang terendah sampai nada yang tertinggi.
7.    Pentatonis adalah tangga nada yang terdiri 5 (lima) nada (biasanya alat musik tradisional).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar